Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Bukittinggi Pantau Langsung Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara Tingkat Kecamatan

Rekapitulasi

Ketua Bawaslu Kota Bukittingi bersama dengan Panwaslu Kecamatan saat mengawasi rekapitulasi tingkat kecamatan.

Bukittinggi, Bawaslu-Saat ini tahapan rekapitulasi hasil pemungutan surat suara Kota Bukittinggi sedang memasuki rekapitulasi tingkat kecamatan. Untuk itu, Pengawasan dilakukan oleh Bawaslu Kota Bukittinggi beserta Staf Sekretariat di Kantor Kecamatan terkait, pada Minggu (18/02/2024).

Kunjungan dilakukan untuk memastikan pengawasan yang ketat terhadap rekapitulasi hasil pemungutan dan perhitungan suara. Dalam hal ini, Bawaslu Kota Bukittinggi harus memastikan proses pemilu berjalan transparan, adil, dan jujur. Pengawasan terhadap rekapitulasi suara di kecamatan diharap efektif dan menghasilkan hasil yang akurat dan sah.

Pengawas pemilu di tingkat kecamatan harus melakukan kerja pengawasan rekapitulasi suara sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Saat ini proses rekapitulasi suara sudah memasuki tahapan tingkat kecamatan. Untuk tingkat kecamatan ini, proses pengawalan dan pengawasan akan lebih dimaksimalkan, dan untuk panwas kecamatan juga diminta untuk lebih ekstra dalam bekerja.

Namun jika masih ada hal yang memerlukan kajian lebih lanjut /keraguan, Panwas kecamatan dapat konsultasi dengan jajaran Bawaslu Kabupaten/kota yang juga melakukan monitoring rekapitulasi suara.

Pada saat PPK akan memaparkan data rekapitulasi, jajaran pengawas harus memastikan data sirekap dengan c-hasil sesuai tidak ada perbedaan. 

 

Penulis dan Foto: Humas