Lompat ke isi utama

Berita

Maksimalkan Tugas Pengawasan Pemilu, 365 Pengawas TPS Se Kota Bukittinggi Ikuti Bimbingan Teknis

Bimtek PTPS

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyakarat, Eri Vatria saat memberikan materi dan arahan kepada seluruh PTPS se-Kota Bukittinggi.

Bukittinggi, Bawaslu-Memaksimalkan tugas pengawasan yang akan dilaksanakan Para pengawas TPS pada pemilu serentak 2024. Bawaslu Kota Bukittinggi, Eri Vatria, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas TPS yang diadakan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan se Kota Bukittingi yang telah berlangsung dari Minggu hingga Senin (03-04/02/2024).

Disampaikan Eri melalui Bimtek para bahwa pengawas TPS mendapat materi terkait Pungut hitung suara atau Pungsura di TPS, Materi Bawaslu yakni aplikasi yang akan diisi setiap pengawas TPS terkait kejadian yang ada serta materi terkait kategori pelanggaran yang akan dimasukkan dalam FORM A laporan.

“Pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu yang berhadapan langsung dengan tantangan pengawasan di lapangan pada pemungutan dan penghitungan suara tanggal 14 Februari 2024”,ujarnya. 

Eri juga menambahkan bahwa sebelum berlangsungnya Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang, terdapat dua tahapan yang dilakukan yaitu tahapan logistik yang saat ini sedang dalam proses pengepakan, dan tahapan kampanye.

Selain bimtek secara langsung, Penguatan-penguatan terkait regulasi kepemiluan dan pengawasan juga terus diberikan agar pelaksanaan pemilu terhindar dari berbagai kecurangan dan pelanggaran.

Penulis dan Foto: Humas