Lompat ke isi utama

Berita

Peran Saksi Partai Politik Dalam Pemungutan dan Penghitungan Suara, Harus Pahami Prosesnya

Narasumber Pelatihan Saksi Parpol PPP

Eri Vatria saat menjelaskan terkait dengan peranan saksi partai politik pada saat pemilu.

Bukittinggi, Bawaslu – Secara keseluruhan tugas pokok saksi peserta pemilu adalah memastikan proses pemungutan suara dan penghitungan perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak ada kecurangan serta memastikan benar-benar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. 

Anggota Bawaslu Bukittinggi, Eri Vatria menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Pelatihan Saksi Partai Persatuan Pembangunan Kota Bukittinggi di Ballroom Hotel Pusako Bukittinggi pada Kamis (08/02/2024). 

Pada kesempatan tersebut, Eri sampaikan bahwa saksi harus mendapat pelatihan yang utuh sehingga memahami keseluruhan proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Tentunya saksi harus mendapat pelatihan yang utuh sehingga memahami keseluruhan proses mulai dari pembagian Surat Keterangan Memilih hingga Pengumuman Hasil Pemungutan Penghitungan Suara”, terangnya.

Eri juga menambahkan, peran saksi parpol untuk dapat menyampaikan ke Partai Politik bila terdapat dugaan kecurangan untuk dilaporkan ke Bawaslu dengan membawa dokumen atau alat bukti lainnya.