Lompat ke isi utama

Berita

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Tekankan Pemantau Pemilu Aktif Awasi Pemilu

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Pimpinan Bawaslu Kota Bukittinggi saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.

Bukittinggi, Bawaslu- Pelaksanaan pemilu butuh penguatan dari sisi internal oleh Bawaslu beserta jajarannya. Disamping itu, Bawaslu juga butuh penguatan dari sisi eksternal yaitu pengawasan partisipatif dari unsur-unsur yang berada di luar Bawaslu yang salah satunya adalah pemantau pemilu selain masyarakat umum lainnya.

“Peran pemantau pemilu dalam hal ini akan mengambil peran yang sangat urgent dan signifikan dalam mengawal pemilu agar bisa berjalan dengan aturan perundangan yang berlaku”.
Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Bukittinggi pada acara Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan tema: “Peran Strategis Pemantau Pemilu dalam Melakukan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Untuk Mewujudkan Hasil dan Proses Pemilu yang Berintegritas”, di Grand Royal Denai, Bukittinggi, (08/02/2024).

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Eri Vatria turut menyampaikan bahwa keberadaan pemantau pemilu adalah sangat strategis sekali untuk ikut mengawasi tahapan terutama tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Besar harapan kami Bawaslu Kota Bukittinggi agar nantinya proses pemungutan dan penghitungan suara nanti memang benar-benar berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan tanpa diciderai oleh kecurangan, manipulasi data yang merupakan pidana pemilu,”ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Abrar, akademisi dan Samaratul Fuad, Ketua KIPP dengan peserta dalam acara ini yaitu pemantau pemilu Kota Bukittinggi, Intel Polres, Intel Kodim, dan media.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis dan Foto: Humas