Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Intensitas Pengawasan Kampanye, Bawaslu Kota Bukittinggi Gelar Rakernis

Rapat Kerja Teknis Pengawasan Kampanye

Anggota Bawaslu Kota Bukittinggi, Ridwan Afandi dalam memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi rakernis

Bukittinggi, Bawaslu – Pemilu memasuki masa kampanye yaitu rapat umum, oleh karena itu perlunya intensitas pengawasan di lapangan oleh Pengawas dimana kampanye ini sangat melelahkan dan butuh kerja keras terutama memang harus jaga kesehatan dan jangan letih maka akan menghasilkan kerja yang maksimal dalam pengawasan kampanye, karena kegiatan tersebut selalu akan berpeluang munculnya pelanggaran. 

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Bawaslu Kota Bukittinggi, Ridwan Afandi dalam Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran Tahapan Kampanye Pemilu 2024 bertempat di Hotel Triple Tree pada Rabu (31/01/2024).

Menurutnya, “kerjasama sangatlah penting karena kampanye di Kota Bukittinggi cukup padat bahkan memang menyita banyak tenaga ekstra dalam melakukan pengawasan. Bawaslu Kota Bukittinggi tetap mengimbau atau mengingatkan di Pengawas saat bertugas di lapangan agar tetap melakukan koordinasi dengan Bawaslu Kota jika terjadinya masalah apapun atau keraguan untuk bertindak dilapangan. 

“tekanan dari peserta pemilu tidak bisa diputuskan secara langsung maka harus berkoordinasi dengan bawaslu kota karena peserta pemilu akan mecari segala celah dari aturan yang ada”, katanya. 

Fandi juga menjelaskan bahwasannya kampanye akan segera berakhir di tanggal 10 Februari 2024 dan untuk itu akan segera dilakukan penertiban. 

Terkait dengan hal tersebut Satpol PP sudah mulai bergerak dengan melakukan penertiban terkait dengan fasilitas umum, karena beberapa tempat seperti didepan gereja sudah bersih dengan APK dan dari Bawaslu Kota Bukittinggi akan melakukan penertiban APK yang jajaran panwaslu kecamatan sudah inventarisir. 

Dilaksanakannya rakernis ini agar dapat memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi terkait tahapan kampanye yang semakin padat serta dapat mencegah potensi pelanggaran dalam kampanye. 

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Panwaslu Kecamatan, Intel polres, Kodim dan Media.

 

 

 

Penulis dan Foto : Humas