Lompat ke isi utama

Berita

Evaluasi Manajemen Pemberitaan, Humas Harus Publikasi Setiap Kegiatan

Rakornas

Koordinator Divisi Hukum, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Eri Vatria dan Staf Pengelola Kehumasan, Tessa Halima saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi Manajemen Publikasi Media Sosial dan Pemberitaan Bawaslu 2024.

Bukittinggi, Bawaslu-Humas adalah divisi yang tidak pernah istirahat, ketika pungut hitung sampai dengan penetapan calon sudah selesai namun divisi humas tetap bekerja karna harus mempublikasikan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh bawaslu. Untuk itu, Anggota Bawaslu Koordinator Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Eri Vatria dan staf pelaksana bagian Pengelolaan Kehumasan  Tessa Halima ikuti Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi Manajemen Publikasi Media Sosial dan Pemberitaan Bawaslu 2024 bertempat di Hotel Mercure Convention Centre Ancol Jakarta yang berlangsung dari Senin hingga Rabu (1-3/4/2024).

Eri menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan evaluasi manajemen ruang pemberitaan kehumasan selama tahapan pemilu 2024 dalam mewujudkan informasi yang akurat, transparan dan mudah diakses oleh masyarakat mengingat pelaksanaan Pilkada Serentak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya publikasi harus lebih ditingkatkan lagi. Hal ini ditunjukkan dengan data hasil jejak pendapat yg dikeluarkan oleh kompas bahwa hanya 4,6 % warga masyarakat yang mengetahui larangan kampanye. Data ini menjadi cambuk bagi divisi kehumasan bahwa masih rendahnya edukasi masyarakat tentang pengawasan pemilu.

"Selain itu Partisipasi masyarakat dalam melaporkan dugaan pelanggaran pemilu telah meningkat, namun hanya 40% laporan yg memenuhi syarat formil ataupun materil yang dapat diregistrasi", ujarnya.

Menurut Lolly, momen rakornas kali ini juga dijadikan momen untuk bisa mulai memberikan edukasi tentang regulasi-regulasi yang berkaitan dengan Pilkada walaupun proses Pemilu masih belum selesai. 

Lolly berharap melalui rakornas ini menjadikan divisi humas yang sudah bagus menjadi lebih bagus karena Humas harus bisa menjawab semua pertanyaan karena Humas adalah wajah lembaga. Namun, tanggungjawab ini tidak hanya diemban oleh Koordinator Divisi saja tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Baik kepala bagian ataupun stafnya.

Perlu diketahui, acara ini dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota (divisi Kehumasan), Kepala Bagian Bawaslu Provinsi (Divisi Kehumasan) serta Staf Pengelola Kehumasan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Penulis dan Foto: Humas